Kode Transistor Mosfet
Kode Transistor Mosfet

Mengetahui Kode Transistor Mosfet dan Cara Membacanya

Tips Tekno – Masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara membaca kode Transistor Mosfet. Namun, apakah hal itu memang penting? Dikenal juga dengan nama Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor merupakan komponen utama dari Integrated Circuit (IC).

MOS-FET juga merupakan perangkat semikonduktor yang banyak digunakan sebagai saklar dan penguat sinyal pada perangkat elektronik. Hal ini karena mosfet memang dirancang dan diproduksi untuk memiliki satu chip untuk IC, sehingga banyak digunakan di perangkat modern.

Dalam menggunakannya juga terbilang cukup rumit karena ada berbagai kode yang harus dipahami. Meskipun ada begitu banyak kode, tapi hanya ada dua jenis yaitu mosfet NPN dan PNP.

Mengenal Kode Transistor Mosfet

Fungsi utama dari MOS-FET sebenarnya untuk menaikkan juga menurunkan tegangan. Contoh-contoh dari transistor mos-fet C828, FCS 9014, FCS 9013, TIP 32, TIP 31, C5149, C5129, C5804, BU2520DF, BU2507DX. Namun, bagaimana cara untuk memahami angka-angka ini?

Hal pertama yang harus diketahui adalah mos-fet memiliki tiga bagian kaki, yaitu Gate (G) merupakan pin inputnya, Drain (D) adalah bagian kaki keluarannya, dan Source (S) merupakan source leg. Namun, bagaimana cara mengetahui perbedaan kaki-kaki tersebut?

Biasanya, urutan kakinya akan selalu sama dari kiri ke kanan yaitu Gate, Drain, dan Source. Namun, harus dilakukan dengan cara menghadapkan mosfet kepada diri Anda. setelah mengetahui hal tersebut, lalu bagaimana cara membaca kodenya?

  1. Untuk melakukan MOS-FET step-up: K 793, K 1117, K 1214, IRF 630, IRF 730, IRF 620.
  2. Untuk melakukan MOS-FET step-down: IRF 9610, IRF 9630, dll. (biasanya 4 digit untuk IRF).
  3. Untuk MOS-FET peningkat tegangan – batas pengukuran ohmmeter X10 / X1K .
  4. Untuk MOS-FET penurun tegangan – batas pengukuran ohmmeter X10 / X1K .

Dalam sejarah, mosfet adalah yang paling banyak produksinya hanya dalam rentang waktu tahun 1960 sampai 2018. Sedangkan, dalam bahasa Indonesia perangkat ini lebih sering disebut dengan Transistor Efek Medan Semikonduktor Logam Oksida.

Sebagaimana diketahui bahwa mosfet adalah komponen utama yang digunakan untuk membangun perangkat elektronik modern. Namun, tidak dapat dipungkiri masih banyak orang yang salah dalam memahami arti kode angka pada transistor. (www.alkisahnews.com)

Tinggalkan Balasan