Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi
Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Inilah 3 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara melihat pesan wa yang sudah dihapus tanpa aplikasi. Cara ini sering kali dicari oleh sebagian besar pengguna WA karena kecanggihannya yang semakin bertambah, menjadikan aplikasi ini memungkinkan pengirim pesan untuk mengurungkan pesan yang telah terkirim sebelumnya.

Namun fitur ini dinilai memiliki dua sisi. Di satu sisi, fitur ini akan memudahkan pengirim jika pesan yang mereka kirimkan salah atau tidak sesuai dengan keinginan. Namun di sisi lain, fitur ini menyulitkan penerima karena tak jarang penerima akan merasa penasaran dengan isi pesan yang sudah dihapus tersebut.

Meskipun memiliki fitur tersebut, ternyata Whatsapp turut menghadirkan fitur yang bisa kita gunakan untuk melihat isi pesan yang sudah terhapus.

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Jika kamu termasuk ke dalam golongan manusia anti ribet, maka kamu bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengetahui pesan WA yang sudah dihapus tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

1. Fitur Mencadangkan Pesan

Fitur pertama ini merupakan salah satu cara melihat pesan wa yang sudah dihapus yang disediakan langsung oleh aplikasi Whatsapp. Fitur ini bisa digunakan dengan cara mencadangkan pesan Whatsapp yang kemudian akan disimpan dalam memori perangkat atau Google Drive.

Berikut cara untuk mencadangkan pesan melalui aplikasi Whatsapp :

  1. Kamu bisa membuka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp pada perangkat kamu, lalu buka menu “Settings” atau “Pengaturan”;
  2. Selanjutnya kamu bisa pilih “Chats” lalu “Cadangkan Chat”;
  3. Setelah itu kamu bisa memilih “Cadangkan ke Google Drive” dan klik waktu untuk kamu memulai pencadangan;
  4. Jika sudah, kamu bisa menunggu untuk pesan kamu dicadangkan. Kamu juga bisa memilih antara pencadangan secara otomatis atau manual.

Baca juga : Cara Mengetahui Pesan Whatsapp Yang Telah Dihapus Di HP Android

2. Fitur Ekspor Chat

Fitur selanjutnya adalah Ekspor Chat. Selain mencadangkan pesan, kamu juga bisa menggunakan ekspor chat sebagai cara untuk melihat isi pesan yang telah dihapus.

Meskipun bisa digunakan untuk mengembalikan pesan, namun ternyata fitur ini masih jarang digunakan oleh para pengguna Whatsapp karena format riwayat pesan akan tersaji dalam bentuk .txt.

Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Kamu bisa membuka menu “Pengaturan” pada Whatsapp kemudian pilih “Chat” lalu “Riwayat Chat”;
  2. Kemudian pilih menu “Ekspor Chat” dan pilih nama kontak yang ingin kamu cadangkan pesannya;
  3. Selanjutnya klik opsi “Sertakan Media” jika kamu ingin menambahkan foto, video, dan dokumen ke file pencadangan;
  4. Setelah itu, kamu akan diberi pilihan untuk mencadangkan pesan melalui Email atau Google Drive;
  5. Jika kamu sudah memilih maka pencadangan akan segera diproses dan kamu bisa melakukan pengecekan pada Email atau Google Drive yang kamu gunakan.

Simak juga : Cara Melihat Pesan WA yang Telah Dihapus di Iphone

3. Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi Dengan Uninstall-Instal Aplikasi Whatsapp

Jika kamu mengalami kesulitan dengan kedua cara tersebut, cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk melihat pesan yang telah dihapus adalah dengan cara Uninstal-Instal aplikasi Whatsapp.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kamu bisa klik dan tahan agak lama pada ikon aplikasi Whatsapp;
  2. Kemudian klik “Hapus Instalasi”;
  3. Setelah aplikasi berhasil terhapus, kamu bisa mengunduh ulang melalui Google Play Store atau App Store dan login kembali ke akun Whatsapp kamu;
  4. Pada saat proses verifikasi, kamu akan diberikan opsi untuk “Restore” dan kamu bisa memilih opsi tersebut untuk mengembalikan riwayat pesan kamu.

Itulah tiga cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melihat pesan wa yang sudah terhapus tanpa aplikasi tambahan. (PC)

Baca juga : Cara Cancel Delete Chat Whatsapp

Tinggalkan Balasan