Jurusan Administrasi Bisnis
Jurusan Administrasi Bisnis

Berminat Jurusan Administrasi Bisnis? Ini Pilihan Kampusnya

Bisnis – Jurusan administrasi bisnis merupakan salah satu bidang studi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Mungkin Anda juga tahu sendiri di masa sekarang banyak sekali anak muda yang berminat terjun dalam dunia bisnis.

Apabila ingin membangun sebuah usaha, maka perlu bekal ilmu pengetahuan yang cukup. Salah satu cara mendapatkannya ialah dengan mengambil jurusan terkait di perguruan tinggi.

Administrasi bisnis sendiri masuk ke dalam rumpun SOSHUM pada jenjang S1. Jangan menyamakannya dengan program studi manajemen. Jadi, apabila Anda berminat terjun di dunia wirausaha, mari menyimak informasinya dalam artikel ini.

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis

Hal pertama yang wajib Anda tahu terkait jurusan administrasi bisnis ialah pengertian atau definisinya. Secara sederhana, Anda dapat menyebutnya sebagai ilmu mengenai pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran sampai manajemen perusahaan.

Apabila menempuh pendidikan dalam program studi ini, Anda akan mempelajari mengenai cara membangun hingga memasarkan bisnis. Mulai dari merumuskan value dan produk Anda sendiri sampai menjalankan bisnisnya.

Selain itu, Anda juga akan mempelajari terkait pengelolaan fisik dan organisasi kantor. Misalnya saja terkait urusan klerikal kantor, sarana dan prasarana kantor, pemrosesan data hingga pengelolaan administrasi.

Tatkala menjadi mahasiswa Jurusan administrasi bisnis, akan mampu berfokus pada aspek perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian suatu instansi publik maupun swasta. Jadi, tatkala bekerja mampu mendukung instansi untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan.

Anda akan mempelajari banyak sekali hal terkait wirausaha. Bahkan juga hal lain yang masih berhubungan, misalnya saja kebijakan di sektor publik hingga fiskal. Jadi aktivitas usaha, tetap sejalan dengan peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Ketika lulus dari jurusan administrasi bisnis, Anda bisa menerapkan ilmu dalam pengelolaan entitas bisnis maupun organisasi nirlaba. Sehingga mampu membuatnya senantiasa berjalan stabil dan terus berkembang.

Anda bukan hanya bisa melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Namun juga mampu menciptakan produk sendiri dan mendirikan perusahaan sendiri. Anda sudah mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang cukup melalui program studi ini.

Baca Juga : Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Syarat Masuk ke Jurusan Administrasi Bisnis

Apabila tertarik untuk masuk ke program studi ini, terdapat sejumlah syarat yang perlu Anda perhatikan. Beberapa syarat ini perlu dipenuhi semuanya supaya manfaat kuliah dapat diperoleh secara optimal.

1. Memiliki Minat dalam Dunia Bisnis

Syarat utama yang perlu Anda miliki ialah mempunyai minat tinggi terkait dunia wirausaha. Termasuk juga minat terkait pengurusan dokumen, mengingat jurusan kuliahnya ialah S1 administrasi bisnis.

Ada banyak sekali jenis dokumen yang akan dipelajari dalam perkuliahan ini. Mulai dari dokumen perizinan sampai keuangan. Jadi nantinya ketika sudah bekerja mampu mengurus semuanya secara teliti dan rapi.

Sementara minat dalam hal wirausaha akan membantu Anda dalam proses perencanaan, analisis pasar, operasional perusahaan sampai tahap peluncuran produk ke pasaran. Ketika mempunyai minat tinggi maka proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

2. Sejalan dengan Jurusan di SMA atau SMK

Jurusan administrasi bisnis ini sejalan dengan jurusan IPS di SMA. Kemudian juga sejalan dengan jurusan Akuntansi atau Pemasaran dan Administrasi Perkantoran di SMK.

Jadi, apabila Anda datang dari jurusan terkait, akan lebih mudah untuk masuk ke program studi ini. Karena pelajaran yang sudah dipelajari di SMA maupun SMK serupa dengan di perguruan tinggi.

3. Mempunyai Sifat Teliti

Ketika ingin menjadi mahasiswa program studi ini, maka Anda perlu mempunyai sifat teliti. Sebab, Anda akan mempelajari mengenai administrasi dan operasional bisnis yang memerlukan banyak dokumen dan surat.

Melalui sifat teliti, Anda bisa mengatasi urusan tersebut secara detail. Pengurusannya juga bukan hanya satu atau dua kali. Melainkan secara berkelanjutan, jadi sifat teliti ini wajib dimiliki.

4. Pantang Menyerah

Aktivitas wirausaha seperti perencanaan, pemasaran sampai pengelolaan keuangan ialah rutinitas sehari-hari dalam jurusan administrasi bisnis. Selain itu, Anda juga akan belajar untuk membuat keputusan penting terkait jalannya perusahaan.

Oleh sebab itu, diperlukan sifat pantang menyerah. Mungkin Anda pernah melihat atau mendengar cerita hidup para pebisnis yang pantang menyerah. Karena sebuah perusahaan bisa saja mengalami masa sulit dalam perjalanannya.

5. Lolos Tes Seleksi Masuk

Syarat yang tidak boleh dilewatkan ialah lolos tes seleksi masuk. Baik itu ingin kuliah di universitas negeri maupun swasta tentu perlu lolos tes seleksi masuk. Namun, bisa juga lolos melalui jalur seleksi lainnya misalnya jalur undangan.

Universitas yang Ada Jurusan Administrasi Bisnis

Setelah memahami terkait pengertiannya, mari membahas universitas yang menawarkan program studi administrasi bisnis. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan perguruan tinggi yang tepat dalam menempuh ilmu.

1. Universitas Mulawarman (UNMUL)

Jurusan administrasi bisnis ada di universitas mana saja? Salah satu kampus yang menawarkan perkuliahan dalam bidang tersebut ialah Universitas Mulawarman (Unmul). Kampus ini terletak di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Kampus ini berdiri sejak tanggal 27 September 1962 dan tergolong kampus tertua di Provinsi Kalimantan Timur. UNMUL mempunyai beberapa gedung yang tersebar di berbagai tempat, seperti Kampus Gedung Kelua, Kampus Pahlawan, Kampus PIN, dan lain sebagainya.

2. Universitas Terbuka (UT) Jakarta

Kampus berikutnya ialah Universitas Terbuka atau UT, yakni sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengaplikasikan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini mampu meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi.

Sehingga masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah terpencil tetap mampu mengakses pendidikan tinggi. Karena umumnya kampus biasa hanya ada di kota sehingga menyulitkan akses masyarakat yang tinggal di desa atau jauh dari kota.

3. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Jurusan administrasi bisnis juga tersedia di Kota Semarang, tepatnya di Politeknik Negeri Semarang atau POLINES. Pada awalnya Politeknik ini bernama Politeknik UNDIP sebab masih berada dalam naungan UNDIP. Lantas, memisahkan diri dan menjadi POLINES.

4. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Pada mulanya, Politeknik Negeri Jakarta ini merupakan Fakultas Non-Gelar Teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI). Lantas berganti menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Kemudian berubah lagi menjadi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

5. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Jurusan administrasi bisnis selanjutnya ada di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Perguruan tinggi ini pada awalnya bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung sebab ada di bawah naungan ITB.

Lantas, kampus ini memisahkan diri dan menjadi mandiri. Berganti nama menjadi Politeknik Negeri Bandung sejak tahun 1999. Apabila Anda memperhatikan, cukup banyak kampus di Indonesia yang pada mulanya masih tergabung dengan kampus besar lantas memisahkan diri.

Sebenarnya masih banyak kampus lain yang menawarkan program studi administrasi bisnis. Misalnya saja Universitas Airlangga (Unair), Universitas Indonesia (UI), Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI), Universitas Buddhi Dharma, dan lain sebagainya.

Alasan Membidik Jurusan Administrasi Bisnis

Banyak sekali pengusaha yang sukses dalam bisnisnya tanpa perlu mengenyam pendidikan tinggi. Akan tetapi, hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menghindari kuliah. Karena, ada banyak alasan mengapa kuliah akan lebih membantu dalam wirausaha.

Terutama program studi adminsitrasi bisnis yang akan membantu menjalankan sebuah bisnis dan juga mengurus berbagai dokumen atau surat. Jadi, apabila tertarik dengan bidang studi ini, coba pertimbangkan beberapa alasan berikut.

1. Prospek Kerja Luas

Tahukah Anda jika jurusan administrasi bisnis mempunyai prospek kerja yang begitu luas? Tatkala lulus dari kampus, Anda dapat melamar pekerjaan di berbagai bidang. Misalnya saja melamar posisi staf administrasi, staf pemasaran, analis keuangan, akuntan dan lainnya.

Banyak juga perusahaan yang memerlukan alumni dari program studi terkait. Karena, alumninya telah mengenyam beragam ilmu pengetahuan terkait bisnis yang mampu membantu mengembangkan perusahaan.

2. Meneruskan Kuliah ke Tingkat Pascasarjana

Di zaman sekarang sepertinya tidak cukup jika hanya kuliah sampai jenjang S1. Banyak sekali orang yang terus melanjutkan pendidikan hingga ke tingkat pascasarjana. Apabila Anda juga tertarik melanjutkan pendidikan, maka bisa saja melanjutkannya dari jurusan ini.

Ingin melanjutkan di universitas tanah air maupun di luar negeri juga bisa. Program studi ini tidak menghambat keinginan Anda untuk terus memperkaya ilmu pengetahuan melalui bangku perkuliahan.

3. Menguasai Bidang Wirausaha

Jurusan administrasi bisnis akan membantu Anda dalam menguasai bidang wirausaha. Anda akan diasah untuk memunculkan ide kreatif dan motivasi untuk membangun dan terus menggerakkan usaha.

4. Mempelajari Beragam Ilmu

Sama seperti program studi lainnya, administrasi bisnis juga menawarkan beragam ilmu yang menarik untuk dipelajari. Anda bisa merasakan keseruan tersendiri ketika mempelajari beragam ilmu tersebut.

5. Aplikasi Ilmu yang Fleksibel

Secara umum, program studi ini menawarkan beragam ilmu seperti dasar bisnis, keuangan, pemasaran, manajemen dan beragam hal lain terkait wirausaha. Di samping itu, Anda juga akan mempelajari ketrampilan seperti bersosialisasi.

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis

Ada banyak hal yang dipelajari dalam program studi administrasi bisnis. Meliputi pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran sampai manajemen perusahaan. Sehingga kampus menawarkan beragam mata kuliah berikut.

1. Mata Kuliah Filsafat dan Etika Administrasi

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mempunyai pemikiran mendalam, logis, sistematis, dan radikal. Pemikiran tersebut dipakai dalam mendalami administrasi secara teoritis dan praktis.

2. Pengantar Perpajakan

Mata kuliah dalam jurusan administrasi bisnis ini akan memberikan pengetahuan terkait berbagai jenis pajak di tanah air. Seperti yang Anda tahu, Indonesia menerapkan banyak pajak, misalnya pajak penghasilan, pajak kendaraan dan lain sebagainya.

3. Pengantar Akuntansi

Pengantar akuntansi ialah mata kuliah yang mengajarkan terkait proses pembuatan laporan keuangan atau siklus akuntansi dalam satu periode akuntansi. Proses ini mencangkup perusahaan jasa dan perusahaan dagang.

4. Pengantar Ilmu Administrasi Niaga

Mata kuliah ini mengajarkan ilmu administrasi bisnis. Misalnya saja terkait teori administrasi hingga fungsi bisnis. Pengetahuan ini akan membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman terkait dua bidang tersebut.

5. Metode Analisis Kebijakan

Mata kuliah lain dalam jurusan administrasi bisnis ialah metode analisis kebijakan yang akan mengajak mahasiswa untuk memahami proses pembuatan kebijakan. Jadi, mahasiswa bisa tahu proses pembuatan, sebab, akibat hingga kinerja kebijakan.

6. Evaluasi Proyek

Mata kuliah ini mengajarkan tentang pendekatan umum yang dipakai dalam menaksir dan mengevaluasi manfaat serta biaya dalam suatu proyek pembangunan. Anda akan mampu menganalisis manfaat dan biaya dari suatu proyek pembangunan.

7. Analisis Bisnis

Jurusan administrasi bisnis belajar apa saja? Mempelajari beragam teknik, kompetensi dan prosedur dalam aktivitas eksplorasi, interaksi dan investigasi terkait data bisnis. Sehingga memperoleh beragam perspektif peningkatan kualitas proses pengambilan keputusan.

Masih ada banyak mata kuliah lainnya. Sebut saja Pengantar Ilmu Administrasi, Kebijakan dan Strategi Operasi, Inovasi Organisasi, Kelembagaan Bisnis, Kebijakan Strategi, Teori Organisasi (P), dan lain sebagainya.

Universitas dengan Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik di Indonesia

Ketika berbicara tentang universitas, tentu sangat menarik untuk mengetahui informasi kampus mana yang mempunyai program studi administrasi bisnis terbaik. Hal tersebut menunjukkan kualitas pembelajaran di kampus terkait. Ini dia daftar kampusnya.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Apabila Anda mencari kampus terbaik, Universitas Padjadjaran (UNPAD) ialah salah satu jawabannya. UNPAD berlokasi di Bandung yang menyandang akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

2. Universitas Brawijaya

Jurusan administrasi bisnis UB merupakan kampus terbaik selanjutnya. Universitas Brawijaya (UB) mempunyai predikat akreditas A, baik secara nasional maupun internasional. Kampus ini juga menjadi favorit masyarakat Indonesia.

3. Universitas Telkom (Tel-U)

Universitas Telkom tergolong salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia. Tel-U juga sudah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas dari Tel-U.

4. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro berlokasi di Kota Semarang dan mempunyai akreditasi A. Jurusan administrasi bisnis terbaik bisa diperoleh melalui Universitas Diponegoro. Nama Diponegoro sendiri berasal dari tokoh pangeran yang menjadi Pahlawan Indonesia.

5. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

Apabila Anda tinggal di Surabaya, tidak ada salahnya menempuh pendidikan di kota tempat tinggal. Ada UPN Veteran Jawa Timur yang menawarkan pembelajaran berkualitas.

Peluang Kerja Alumni Jurusan Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis tergolong salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam pengelolaan perusahaan. Ilmu ini bermanfaat bagi berbagai tingkat jabatan, mulai dari CEO, manajer, staf sampai divisi marketing.

Alumni program studi ini juga dapat membangun sendiri usahanya sehingga tidak perlu melamar pekerjaan ke perusahaan lain. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan setelah lulus dari program studi ini.

1. Staf Administrasi

Jurusan administrasi bisnis kerja apa? Pertama ada prospek kerja staf administrasi di suatu perusahaan. Posisi staf ini bisa di bagian perpajakan, gudang, dan lain sebagainya. Umumnya tugasnya ialah rekapitulasi data, misalnya terkait surat domisili, surat bukti transaksi hingga surat berharga aset perusahaan.

Bukan hanya itu, staf ini juga mempunyai tugas membuat surat resmi seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak hingga surat pembelian. Bahkan bisa juga melakukan penjadwalan perusahaan seperti mengatur meeting dengan klien.

2. Manajemen Perusahaan

Alumni jurusan administrasi bisnis juga dapat bekerja dalam bidang manajemen. Seorang manajer perlu menguasai kemampuan dalam mengambil keputusan, berkomunikasi, menghadirkan motivasi, melakukan delegasi dan lain sebagainya.

Biasanya manajer juga perlu melakukan perencanaan terkait beragam aktivitas di dalam perusahaan kemudian mengawasi proses berjalannya. Jadi, cukup banyak tugas dari seorang manajer.

3. Staf Sumber Daya Manusia

Bidang lain yang dapat Anda bidik ialah staf sumber daya manusia atau umumnya disebut dengan Human Resource Development (HRD). Staf ini mempunyai tugas mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan, mulai perekrutan sampai kontrak kerja.

Kemampuan yang diperlukan untuk menjadi HRD ialah teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, dan mampu mengembangkan orang lain. Posisi pekerjaan ini senantiasa berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan.

4. Staf Pemasaran

Setelah Anda telah lulus kuliah, misalnya dari jurusan administrasi bisnis di Malang, bisa memilih pekerjaan ini. Caranya dengan meningkatkan penjualan produk barang atau jasa perusahaan melalui cara promosi. Anda juga bisa menjadi manajer pemasaran.

5. Entrepreneur

Apabila tidak ingin melamar pekerjaan, maka buat saja usaha sendiri. Anda bisa menjadi entrepreneur dengan bekal keilmuan dari perguruan tinggi, seperti ilmu terkait sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, akuntansi dan lain sebagainya.

Membangun sebuah usaha tidak cukup hanya dengan niat dan modal, namun perlu bekal ilmu serta ketrampilan. Semua hal itu bisa diperoleh dengan menempuh pendidikan jurusan administrasi bisnis di perguruan tinggi. (ditulis oleh SA untuk www.alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan