Cara Beli Masa Aktif Telkomsel
Tips Mudah Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Cara Beli Masa Aktif Telkomsel dengan Praktis dan Mudah

Alkisahnews.com – Informasi seputar beli masa aktif Telkomsel masih banyak dicari oleh penggunanya, khususnya bagi yang baru menggunakan. Tidak jarang mereka yang lupa dengan nomor kartunya juga mencari informasi serupa.

Kartu Telkomsel sendiri terdiri dari SimPATI, KARTU As, dan LOOP yang akhirnya bertransformasi menjadi satu, yaitu Telkomsel PraBayar. Banyak orang memilih menggunakan Telkomsel karena keunggulannya dibandingkan provider lainnya.

Mulai dari jaringan yang luas hingga paket internet unlimitednya tergolong murah apalagi dengan kecepatan internet begitu cepat. Telkomsel sendiri merupakan operator tertua sehingga banyak dipercaya masyarakat.

Bagaimana Cara Mengetahui Kartu Telkomsel Masih Aktif atau Tidak ?

Untuk mengetahui cara beli masa aktif Telkomsel, maka harus dilakukan dengan benar serta sesuai panduan resminya. Mengecek masa aktif berarti juga memerlukan nomor Telkomsel yang sedang digunakan.

Tujuan mengecek masa aktif adalah untuk mengetahui dan memastikan apakah kartu tersebut telah memasuki masa tenggang atau belum. Jika diketahui masih aktif, artinya kartu Telkomsel masih bisa digunakan.

Pengecekan masa aktif bisa melalui kode USSD, website resmi Telkomsel, dan aplikasi MyTelkomsel. Sebelum beli masa aktif Telkomsel, Anda perlu mengecek masa aktifnya sebagai berikut.

1. Melalui Kode UUSD

Kode USSD untuk mengecek masa aktif Telkomsel adalah *888#, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka keypad telepon Anda.
  • Tekan *888# lalu tekan Call atau Dial.
  • Akan muncul keterangan sisa pulsa sekaligus masa aktifnya

2. Melalui Website Resmi Telkomsel

Selain melalui dial number, pengecekan masa aktif Telkomsel juga bisa dilakukan melalui website resminya. Sebelum beli masa aktif Telkomsel, cek dahulu masa aktifnya melalui langkah-langkahnya berikut.

  • Buka situs www.telkomsel.com kemudian kunjungi akun resmi Asisten Virtual Telkomsel pada bagian bawah halaman situs website tersebut.
  • Ketik “Hai”
  • Ketik “Cek Pulsa”
  • Akan muncul keterangan sisa pulsa sekaligus masa aktifnya

3. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Solusi lainnya untuk mengecek masa aktif kartu Telkomsel adalah melalui aplikasi MyTelkomsel, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Google Play Store untuk user Android atau App Store untuk user Iphone.
  • Unduh aplikasi MyTelkomsel.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian lakukan verifikasi dengan memasukkan nomor aktif Telkomsel Anda.
  • Nantinya jumlah pulsa sekaligus masa aktif kartu Anda akan ditampilkan pada layar.

Baca Juga : GraPARI Telkomsel Terdekat

Apa yang Terjadi Jika Masa Aktif Kartu Telkomsel Habis ?

Seluruh pengguna Telkomsel tentunya memahami jika masa aktif kartu telah habis, maka kartu SIM tersebut tidak dapat digunakan lagi. Baik untuk mengirim pesan SMS, melakukan panggilan telepon, hingga mendapatkan layanan internet.

Oleh sebab itu, cara beli masa aktif Telkomsel lewat aplikasi paling umum dilakukan karena mudah dan praktis. Selain melalui aplikasi, masa aktif kartu SIM juga bisa dibeli melalui pesan SMS.

Namun jangan buru-buru khawatir dan membeli kartu SIM baru jika Telkomsel Anda dinyatakan telah habis masa aktifnya. Sebab pengguna masih bisa melakukan perpanjangan masa aktif sebagai solusinya.

Apakah Bisa Beli Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Pulsa ?

Membeli masa aktif Telkomsel biasanya tetap memerlukan pulsa, walaupun sedikit juga tidak masalah. Paling penting adalah selama nomor tersebut diisi pulsa, maka kartu SIM tetap menyala dan berfungsi dengan normal.

Namun Anda tetap dapat beli masa aktif Telkomsel dengan cara memperpanjang masa aktifnya. Perpanjangan masa aktif ini tetap dapat dilakukan meskipun sedang dalam keadaan tidak ada internet ataupun sinyal sama sekali.

  1. Beli Masa Aktif Telkomsel via Kode USSD
    • Tekan *999# atau *500*05# melalui layar panggilan telepon.
    • Kode pertama adalah untuk mengarahkan menu paket pembelian, sedangkan kode kedua adalah menu pembelian paket masa aktif. Anda dapat memilih kode kedua jika ingin langsung membeli paket masa aktif.
    • Sedangkan jika menekan *999# maka Anda perlu menekan opsi “Yang Lain” terus menerus hingga menemukan opsi “Paket Masa Aktif” yang ada dalam daftar pilihan.
    • Selanjutnya klik opsi “Paket Masa Aktif” tersebut.
    • Pilih paket yang ingin dibeli untuk perpanjangan masa aktif.
    • Sebagai tambahan informasi, harga paket tersebut dimulai dari Rp. 2.000 untuk 5 hari masa aktif.
  2. Beli Masa Aktif Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel
    • Buka aplikasi MyTelkomsel.
    • Pilih menu “Shop” dengan ikon troli belanja.
    • Tekan opsi “Paket Masa Aktif”
    • Pilih paket yang ingin dibeli untuk perpanjangan masa aktif.
    • Harga paket perpanjangan masa aktif dimulai dari Rp. 2.000 untuk 5 hari masa aktif. Kemudian ada Rp. 4.000 untuk 10 hari, dan seterusnya.
    • Perlu dipahami bahwa perpanjangan ini adalah untuk berjaga-jaga apabila Anda sedang dalam kondisi terdesak. Jika sudah melakukan perpanjangan, maka segeralah mengisi pulsa supaya SIM Card Telkomsel Anda tidak mati.

Simak Juga : Kartu Telkomsel Hilang

Apa Bedanya Masa Aktif dan Masa Tenggang ?

Pengguna SIM Card operator apapun wajib memahami apa perbedaan masa aktif dan masa tenggang. Masa aktif merupakan masa SIM Card yang dapat digunakan untuk panggilan telepon maupun SMS.

Masa aktif ini akan terus bertambah selama penggunanya mengisikan pulsa. Sama seperti ketika beli masa aktif Telkomsel, maka Anda memiliki kesempatan atau perpanjangan waktu untuk mengisi ulang pulsanya.

Sementara masa tenggang merupakan batas waktu SIM Card Anda yang ditetapkan setelah mendapatkan tanggal jatuh tempo. Dalam masa tenggang ini, maka pengguna harus segera mengisi pulsa supaya kartunya tetap aktif.

Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Lalu berapa biaya beli masa aktif Telkomsel? Untuk operator Telkomsel sendiri menyediakan beragam paket masa aktif uang bisa dipilih oleh penggunanya, yaitu sebagai berikut.

  1. Rp. 2.000 untuk masa aktif 5 hari
  2. Rp. 4.000 untuk masa aktif 10 hari
  3. Rp. 6.000 untuk masa aktif 15 hari
  4. Rp. 12.000 untuk masa aktif 30 hari
  5. Rp. 30.000 untuk masa aktif 90 hari
  6. Rp. 59.000 untuk masa aktif 180 hari
  7. Rp. 115.000 untuk masa aktif 360 hari

Sebenarnya masa berlaku paket masa aktif maksimal 365 hari saja khusus pengguna Telkomsel PraBayar. Masa berlakunya terhitung sejak tanggal aktif terakhir di kartu Telkomsel PraBayar.

Langkah Membeli Masa Aktif Telkomsel Lewat SMS

Apakah bisa membeli masa aktif Telkomsel? Anda bisa membeli masa aktif Telkomsel melalui SMS. Namun cara ini sebenarnya dimulai dari kode USSD terlebih dahulu, selanjutnya akan mendapatkan konfirmasi via SMS.

  1. Tekan *999# pada layar panggilan telepon kemudian tekan Call atau Dial.
  2. Pilih opsi “Paket Lainnya” kemudian pilih “Lainnya”
  3. Pilih “Masa Aktif Paket” kemudian ambil paket sesuai kebutuhan.
  4. Konfirmasi dengan menekan “Kirim”
  5. Tunggu hingga muncul notifikasi perpanjangan masa aktif via SMS.

Tutorial Membeli Masa Aktif Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Beli masa aktif Telkomsel 2022 juga bisa dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Pilih opsi “Beli Masa Aktif”
  3. Pilih paket masa aktif sesuai kebutuhan, masing-masing sudah dicantumkan harganya.
  4. Konfirmasi transaksi pembayaran dan dapatkan notifikasi perpanjangan masa aktif Telkomsel.

Kartu Telkomsel menyediakan beragam pilihan paket masa aktif yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika sudah beli masa aktif Telkomsel, segera isi ulang pulsanya agar SIM Card tidak mati. (SA)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan