Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri yang Tepat dan Logis

Pendidikan – Cara membuat surat izin sekolah sendiri bukan hal sulit. Dengan menggunakan format yang sesuai, laporan izin sekolah akan menjadi lebih formal. Namun, perlu diperhatikan bahwa pembuatan izin tertulis meninggalkan kelas harus disertai dengan tanggung jawab penuh dari orang tua.

Surat absen meninggalkan kelas ini juga dibagi menjadi beberapa jenis dengan keperluan dan tujuan masing-masing. Beberapa tidak memerlukan keterangan pendukung untuk mendapatkan izin resmi dari pihak sekolah.

4 Cara Membuat Surat Izin Sekolah Sendiri

Membuat permohonan absen secara tertulis sendiri bukan hal mustahil. Ada beberapa kepentingan dan keperluan yang memang perlu dibuatkan secara mandiri atas tanggung jawab penuh dari pihak sekolah.

Agar penyampaian absen sesuai dan menjadi lebih formal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 4 hal wajib diperhatikan dalam menuliskan surat absen meninggalkan kelas.

1. Mencantumkan Tempat dan Tanggal Surat

Cara membuat surat izin sekolah sendiri yang paling pertama kali diperhatikan adalah adanya tempat dan tanggal dibuat. Mulailah dengan tempat dan tanggal ini pada bagian atas surat.

Sebagai contohnya, Anda bisa menuliskan dengan format “Jakarta, 12 Oktober 2022”. Format kepenulisan ini menjadi penting agar yang dituju mengetahui kapan pesan ini diajukan. Jangan sampai tanggal surat lebih dahulu dari tanggal absen anak Anda.

2. Mencantumkan Alamat Tujuan dari Surat Izin

Hal kedua yang perlu dituliskan dalam permohonan absen tertulis meninggalkan kelas adalah alamat tujuan. Mengingat permohonan tertulis dibuat atas ketidakhadiran anak Anda, maka pesan ditujukan kepada kepala sekolah, wali kelas, atau guru mata pelajaran anak Anda.

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat izin adalah penggunaan “Kepada” dan “Yth.”. Gunakan satu di antara keduanya. Jika sudah menggunakan “Kepada”, maka tidak perlu menambahkan “Yth.” setelahnya. Begitupun penggunaan sebaliknya.

Tulislah nama dari kepala sekolah, wali kelas, atau guru mata pelajaran yang dituju. Selanjutnya, diikuti dengan nama dan alamat lengkap sekolah anak Anda.

3. Menyatakan Alasan Izin Pada Surat Izin Sekolah

Inti dari laporan izin tidak hadir di kelas adalah adanya alasan tidak hadirnya siswa di sekolah. Pastikan untuk menggunakan alasan secara logis dalam menyampaikan laporan absen.

Jika memang anak Anda sakit, maka jelaskan kondisi yang membuat anak Anda tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di kelas. Untuk menguatkan alasan, surat izin sakit juga bisa disertakan dengan pesan keterangan dari dokter.

Jika permohonan tertulis dibuat untuk acara keluarga, maka bisa menggunakan kalimat “keperluan acara keluarga”. Jangan lupa untuk mencantumkan hari dan tanggal ketidakhadiran di kelas untuk memperjelas.

Salah satu contoh dari penggunaan alasan, yaitu “Bersama ini bermaksud memohon tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di kelas pada Senin, 21 November 2022 dikarenakan adanya keperluan acara keluarga secara mendesak dan tidak dapat ditinggalkan”.

4. Perhatikan Isi Surat Izin yang Dibuat

Untuk mempermudah pembuatan izin meninggalkan kelas secara tertulis untuk anak, Anda perlu memperhatikan struktur yang berterima. Mulailah membuat pesan dengan salam pembuka dan kalimat pembuka. Contohnya adalah menggunakan “Dengan Hormat”.

Cantumkan juga nama lengkap, kelas, dan alamat pada pesan tertulis yang diikuti dengan isi pesan. Selanjutnya, tutup surat dengan kalimat penutup. Untuk bagian akhir surat, sertakan nama jelas dan tanda tangan Anda sebagai wali murid.

Hal terpenting dalam menyampaikan absen pada surat permohonan meninggalkan kelas adalah menggunakan struktur penyampaian yang sesuai dan alasan logis. Cara membuat surat izin sekolah sendiri ini juga harus diikuti dengan tanggung jawab dari orang tua. (SA)

Baca Juga : Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Nol