Pengalokasian Kembali Pendapatan Yang Menunjuk Pada Transfer Uang “antar-kelompok” Disebut Dengan Apa
Pengalokasian Kembali Pendapatan Yang Menunjuk Pada Transfer Uang “antar-kelompok” Disebut Dengan Apa?

Pengalokasian Kembali Pendapatan Yang Menunjuk Pada Transfer Uang “antar-kelompok” Disebut Dengan Apa ?

Berikut ini kami akan menjawab pertanyaan mengenai : pengalokasian kembali pendapatan yang menunjuk pada transfer uang “antar-kelompok” disebut dengan apa. Bagi Anda yang ingin mengetahui jawaban dan penjelasannya, silahkan simak di bawah ini.

Soal

Pengalokasian kembali pendapatan yang menunjuk pada transfer uang “antar-kelompok” disebut dengan apa?
a. redistribusi vertikal
b. redistribusi horizontal
c. redistribusi kredit lunak
d. redistribusi jamuan askes

Jawaban dan Penjelasan Pengalokasian Kembali Pendapatan Yang Menunjuk Pada Transfer Uang “antar-kelompok” Disebut Dengan Apa ?

Pengalokasian kembali pendapatan yang menunjuk pada transfer uang “antar-kelompok” disebut dengan redistribusi horizontal.

Redistribusi horizontal mengacu pada penyaluran pendapatan antara individu atau kelompok yang berada pada tingkat ekonomi yang sama. Contoh dari redistribusi horizontal adalah transfer uang antar anggota keluarga, komunitas, atau kelompok masyarakat dengan tingkat ekonomi yang sebanding untuk mendukung kebutuhan tertentu. Contohnya bisa berupa dana bantuan dari komunitas pendidikan kepada anak-anak yang membutuhkan, atau pemberian bantuan dari individu yang mampu kepada tetangga yang membutuhkan.

Dalam konteks yang lebih luas, redistribusi horizontal juga dapat mencakup kegiatan berbagi yang dimulai dari hal-hal kecil seperti membeli dagangan dari pedagang kecil atau memberikan bantuan uang kepada tetangga yang sedang sakit. Tujuannya adalah untuk membantu kelompok masyarakat lain yang mungkin memiliki kesulitan ekonomi, sehingga taraf hidup mereka bisa meningkat dan kesenjangan sosial dapat dikurangi​ (Mekari Klikpajak)​.

Sedangkan redistribusi vertikal melibatkan transfer dari kelompok kaya ke kelompok miskin, biasanya melalui mekanisme seperti pajak, subsidi, atau program bantuan sosial. Ini bertujuan untuk mengurangi ketimpangan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan kelompok yang kurang mampu.

Redistribusi kredit lunak adalah pemberian pinjaman dengan bunga rendah yang dimaksudkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengembangkan bisnis mereka, yang juga berfungsi sebagai bentuk redistribusi pendapatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Redistribusi jamuan askes tidak umum dikenal dalam literatur ekonomi atau kebijakan sosial dan kemungkinan merupakan istilah yang salah atau tidak relevan.

Oleh karena itu, pengalokasian kembali pendapatan yang menunjuk pada transfer uang antar-kelompok adalah redistribusi horizontal.

Baca Juga : Pengalokasian Kembali Pendapatan yang Menunjuk pada Transfer Uang dari Orang Kaya ke Orang Miskin Disebut Dengan Apa?

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan