Penyebab Backlight TV LED Mati
Ini Dia Penyebab Backlight TV LED Mati

Penyebab Backlight TV LED Mati yang Jarang Disadari

Penyebab backlight TV LED mati bisa dikatakan sebagai hal yang jarang disadari. Itu karena, kebanyakan orang hanya mengetahui tentang TV LED tanpa mengetahui apa yang terdapat di dalamnnya. Kondisi ini terjadi karena pemahaman mengenai TV LED sifatnya fungsional.

Pengguna hanya tahu cara memakainya tanpa mempelajari berbagai masalah yang bisa muncul perlu diketahui, masalah pada TV LED sendiri sangat banyak. Tentu masalah tersebut memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Beberapa masalah memang bisa diselesaikan dengan mudah. Namun ada juga beberapa yang nampak sangat sulit untuk diselesaikan. Di antara banyaknya masalah yang berpotensi muncul, lampu backlight TV LED mati adalah salah satu yang penting untuk diketahui.

Baca Juga : Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

Penyebab Backlight TV LED Mati

Apa yang Dimaksud LED Backlight?

Lampu backlight adalah satu dari beberapa komponen utama yang ada pada layar LED. Komponen ini berada pada belakang panel layar TV LED dan terpasang seri secara default.

Fungsi dari lampu backlight ialah untuk menerangi area layar sehingga mata penonton bisa merekam gambar dengan baik. Keberadaan backlight ini juga akan memberikan ketegasan pada kontur tubuh suatu objek. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan tidak monoton sebagai siluet.

Simak Juga : Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Apa Penyebab Lampu Backlight TV LED Mati?

Pada kondisi normal, lampu backlight ini seharusnya menyala. Oleh karena itu, ada sesuatu yang tidak normal apabila kondisinya sudah tidak menyala. Jika berbicara tentang penyebab, ada beberapa alasan yang bisa membuat lampu tersebut mati.

Namun untuk penyebab paling pokok, ini berhubungan dengan tegangan yang menyuplai tenaga dari lampu LED. Itu karena, harusnya tegangan tersebut memiliki kekuatan di kisaran 135 volt. Jika tegangannya kurang, dapat dipastikan lampu led akan mati.

Sebenarnya lampu led ini berjumlah 45 buah. Hanya saja lampu tersebut disusun dengan rangkaian seri. Oleh karena itu, jika satu lampu mati maka lampu lainnya tidak akan bisa menyala. Lampu backlight mati sendiri efeknya sangat berbahaya.

Itu karena, lampu ini berfungsi untuk memberikan cahaya pada panel. Jika lampunya mati, maka panel tidak akan mendapat cahaya sehingga gambar tidak akan terlihat.

Simak Juga : Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Mengatasinya Bisa Dibilang Tidak Terlalu Sulit

Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara yang perlu dilakukan adalah mengganti lampu tersebut. Itu karena, kondisi ini membuktikan kalau terdapat kerusakan pada lampu LED.

Namun perlu dipastikan terlebih dahulu kalau masalahnya memang berasal dari lampu LED. Ditakutkan, lampu LED sebenarnya normal hanya saja Anda menganggap kalau masalahnya terletak disana.

Pastikan untuk memahami setiap masalah yang ada dengan baik. Jangan sampai pokok permasalahannya tidak diketahui dan langsung melakukan upaya penyelesaian begitu saja. Ditakutkan apa yang dilakukan sebenarnya tidak terlalu efektif. (SA)

Baca Juga : Frekuensi K Vision Ku Band

Yang Sedang Dicari:

    sudah ganti backlight

Tinggalkan Balasan