Bisnis Internasional
Bisnis Internasional

Berminat dengan Bisnis Internasional? Ini Informasinya

Bisnis internasional ialah salah satu solusi yang diterapkan sebuah perusahaan untuk menjangkau pasar lebih luas. Ketika sudah meraih kesuksesan di dalam negeri, perusahaan umumnya mulai berekspansi ke pasar luar negeri.

Sebuah perusahaan yang ingin berkembang dengan besar, tidak cukup hanya meraih kesuksesan dalam skala domestik. Jadi, tidak heran apabila banyak pihak menjalankan ekspansi ke luar negeri di mana mampu menawarkan keuntungan berlipat.

Untuk menjangkau pasar luar negeri dapat dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan merintis secara internal hingga bekerja sama dengan perusahaan lain di negara tujuan.

Memahami Definisi Bisnis Internasional Adalah Apa

Aktivitas terkait wirausaha biasanya memang tidak hanya dapat dilakukan pada satu wilayah kecil. Namun bisa melewati batas kota, pulau hingga negara. Mungkin Anda juga akrab dengan sejumlah merek produk asal luar negeri yang populer di tanah air.

Jadi, definisi bisnis internasional adalah apa? Istilah ini dapat diartikan sebagai bisnis yang aktivitasnya melewati batas negara. Bukan sekedar meliputi perdagangan maupun manufaktur di luar negeri.

Melainkan juga meliputi pariwisata, transportasi, perbankan, periklanan, perdagangan besar, perdagangan eceran, konstruksi hingga komunikasi masa. Jadi, tidak terbatas pada pertukaran barang melewati batas negara.

Aktivitas ini melibatkan semua bentuk transaksi komersial yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Biasanya masyarakat lebih akrab dengan transaksi yang dijalankan oleh dua negara saja.

Melalui penjelasan tersebut sepertinya sudah tampak syarat terjadinya bisnis internasional. Yakni adanya hubungan lintas negara dan transaksi berdasarkan kesepakatan bersama. Aktivitas ini boleh dijalankan oleh pemerintah maupun swasta.

Lantas, mengapa hal terkait bisa terjadi? Tentu ada latar belakang yang menyebabkan terjadinya hubungan bisnis antar negara. Tentu tidak ada hal terjadi secara kebetulan ketika berkaitan dengan dunia usaha.

Secara umum, aktivitas komersial tersebut dijalankan untuk memenuhi keperluan individu maupun organisasi. Karena terkadang memang ada sejumlah produk hanya diproduksi oleh negara tertentu. Anda bisa mempelajarinya juga melalui bisnis internasional pdf di internet.

Jadi, apabila negara lain juga menginginkan produk terkait, perlu menjalin kerja sama dengan negara penghasil produknya. Cara ini akan memberikan keuntungan bagi kedua negara.

Karena aktivitasnya lintas negara, ada sejumlah hal perlu diperhatikan. Banyak sekali pertimbangan sebelum memulai kerja sama atau ekspansi. Mengingat banyaknya perbedaan antar negara.

Misalnya perbedaan selera masyarakat, budaya, iklim dan lain sebagainya. Biaya juga menjadi pertimbangan penting. Misalnya terkait pengiriman produk ke luar negeri yang membutuhkan biaya lebih besar.

Baca Juga : Konsultan Bisnis

Beragam Strategi dalam Bisnis Internasional

Bagaimana dengan strategi terkait bisnis lintas negara? Tentu strateginya sangat berbeda dengan aktivitas usaha di dalam negeri. Berikut ini sejumlah strategi yang dapat dipertimbangkan.

1. Memastikan Kualitas Produk

Sebelum mulai terjun dalam bisnis internasional, wajib untuk memperhatikan kualitas produk yang ingin dijual. Jangan sampai hanya mengejar pasar luar negeri tanpa mau meningkatkan kualitas produk atau jasa.

2. Promosi secara Online

Strategi berikutnya ialah melakukan promosi secara online. Misalnya saja memanfaatkan Google Ads atau Facebook Ads yang mampu dijangkau oleh masyarakat dari negara lain.

Anda bisa memperoleh informasi terkait penerima iklan dari negara tujuan. Misalnya terkait profesi hingga budaya masyarakat tersebut. Jadi, dapat menawarkan produk atau jasa secara optimal. Tidak sekedar menjalankan bisnis internasional di Indonesia.

3. Menjalankan Riset

Riset merupakan aktivitas yang perlu dijalankan secara berkelanjutan oleh sebuah perusahaan. Karena zaman terus berkembang, kebutuhan semakin bervariasi dan budaya masyarakat terus berubah. Tidak ada alasan untuk berhenti menjalankan riset.

Ketika berhubungan dengan bisnis internasional, riset menjadi aktivitas penting di mana tidak boleh dilewatkan. Anda wajib menjalankan riset sebelum masuk ke pasar luar negeri. Jadi bisa merancang langkah tepat dalam memasarkan produk atau jasa.

Riset ini tidak harus dijalankan secara langsung di negara tujuan. Anda bisa mulai dengan riset dari internet. Jika sudah mempunyai bekal cukup dan dirasa perlu, dapat memanjutkan riset secara langsung di negara tujuan.

4. Market Intelligence

Market intelligence ialah menemukan informasi terkait pasar yang ingin dibidik. Anda dapat memulainya dengan melakukan survei. Sehingga memperoleh beragam data penting, misalnya kondisi pasar, produk sejenis, kualitas barang, harga kompetitor, dan lainnya.

Ketika mengetahui beragam hal tersebut, Anda dapat mempersiapkan produk secara lebih matang. Jadi, dapat masuk ke pasar luar negeri dan bersaing dengan produk kompetitor.

5. Mengandalkan Media Digital

Media digital akan mampu diakses oleh masyarakat mancanegara. Jadi, Anda perlu memanfaatkannya dalam mengembangkan usaha. Misalnya saja dengan membangun website khusus.

Melalui website, masyarakat mancanegara bisa memperoleh informasi lengkap mengenai profil perusahaan, jenis bisnis, hingga pilihan produk dan jasa dari Anda. Seluruh informasi tersebut bisa diperoleh hanya melalui gadget.
Saran Buku Terkait Bisnis Internasional

Mempelajari materi terkait wirausaha lintas negara akan terasa lebih lengkap jika membaca dari buku. Anda juga tahu sendiri jika buku ialah jendela dunia. Anda bisa membeli bukunya melalui toko buku fisik maupun online.

1. Pebisnis Pemula melakukan Bisnis Internasional (Penyesuaian Teori yang disampaikan dalam RPS atau Silabus), dari Rosa Nikmatul Fajri

Apabila ingin mempelajari materi bisnis, Anda dapat membaca buku karya Rosa Nikmatul Fajri ini. Buku ini ditulis oleh Rosa untuk berbagi ilmu dengan para pebisnis pemula supaya mampu mengembangkan usaha hingga ke luar negeri.

Buku ini memuat resume materi yang disampaikan tatkala menjalankan pembelajaran di kelas. Sehingga mampu menambah ilmu terkait dunia perbisnisan secara efektif dan efisien. Jika ingin menambah pengetahuan dengan membaca bisnis internasional ebook juga bisa.

Sementara buku ini tidak hanya diharapkan mampu membantu para pebisnis pemula namun juga para mahasiswa. Supaya para mahasiswa mampu mempelajari dunia perbisnisan secara mendalam untuk mendukung proses belajar di lingkungan kampus.

2. Perdagangan & Bisnis Internasional: teori dan analisis empiris, dari Jongkers Tampubolon

Rekomendasi buku selanjutnya datang dari Jongkers Tampubolon. Dalam buku ini diuraikan bahwa ada tiga faktor utama yang mendorong terjadinya perdagangan lintas negara, yakni ketersediaan produk, perbedaan harga dan diferensiasi produk.

Suatu negara akan mengimpor produk atau komoditi jika tidak mampu menghasilkannya sendiri. Impor juga akan dilakukan apabila mampu menghasilkan sendiri akan tetapi tidak mampu memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

Banyak hal menyebabkan ketidakmampuan tersebut. Misalnya saja karena faktor alami berupa iklim dan letak geografis. Mari mengambil contoh industri ban yang tergolong komponen utama dalam industri otomotif.

Banyak industri otomotif ada di negara maju. Akan tetapi, bahan dasar ban berupa karet hanya tersedia di negara tropis. Sehingga negara maju perlu mengimpor bahan baku karet dari negara tropis.

Lantas, apakah negara tropis yang tergolong negara berkembang tidak memerlukan impor? Tentu saja masih memerlukannya, terutama karena ada faktor keterbelakangan sosial ekonomi.

Negara yang masih terbelakang akan memerlukan impor produk industri berteknologi tinggi dari negara maju. Jadi, kegiatan impor memang diperlukan oleh setiap negara karena alasan masing-masing.

Simak Juga : Jurusan Administrasi Bisnis

Perbedaan Jurusan Bisnis Internasional dan Manajemen Bisnis Internasional

Ketika masuk ke dunia perkuliahan, ada banyak sekali jurusan berkaitan dengan dunia wirausaha. Jadi, mungkin calon mahasiswa cukup bingung dengan pilihannya. Terutama ketika ingin mengejar pertumbuhan bisnis ke luar negeri.

1. Program Studi Bisnis Internasional

Pertama-tama, mari memahami jurusan ini terlebih dahulu. Jurusan ini berfokus pada pembelajaran terkait tantangan yang mungkin dihadapi oleh dunia usaha di ranah internasional.

Bisnis internasional belajar apa? Karena sebuah usaha memerlukan ide kreatif, jurusan ini akan mengajarkan untuk mengembangkan pemikiran kreatif. Sehingga mampu menghasilkan ide dan solusi terkait permasalahan ekonomi dan wirausaha dalam lingkup global.

Prospek kerja untuk jurusan ini tergolong luas. Mulai dari perusahaan multinasional, organisasi internasional, perusahaan modal ventura, perusahaan investasi, perusahaan export-import, bahkan tenaga pendidik.

2. Program Studi Manajemen Bisnis Internasional

Bagaimana dengan jurusan yang tersemat kata manajemen ini? Program studi ini berfokus pada ilmu perdagangan internasional dan pemanufakturan di luar negeri. Hal ini meliputi industri barang dan jasa.

Jurusan ini akan mempersiapkan Anda untuk menjadi seorang manajer internasional yang mempunyai pengetahuan luas dan pemikiran global. Jadi, mampu menyesuaikan tantangan global.

Melalui jurusan ini, Anda akan mampu menghadapi perbedaan budaya dan perilaku antar negara. Jadi, mampu menyiapkan strategi tepat untuk diterapkan dalam ranah global.

Jurusan ini sangat cocok bagi orang yang mempunyai jiwa entrepreneurship kuat. Sehingga mampu mengembangkan perusahaan sampai skala global. Apabila tertarik juga bisa melamar pekerjaan di perusahaan luar negeri.

Anda bisa memasuki jurusan ini di berbagai kampus tanah air. Sementara prospek kerja untuk program studi ini ialah bidang analisis, pengembangan, hubungan, dan perencanaan bisnis dalam lingkup internasional.

Ketika sudah lulus dapat mencoba beragam pilihan karier. Misalnya saja menjadi international marker researcher, international business planner, international business developer, international business relations officer, international business services expert, dan lainnya.

Materi Bisnis Internasional

Ketika memasuki bangku perkuliahan, Anda akan menemukan banyak materi yang perlu dipelajari. Namun hal tersebut menyesuaikan dengan jurusan yang dipilih. Materinya terbagi ke dalam beberapa mata kuliah.

Lantas, bagaimana dengan materi bisnis internasional? Materinya termuat dalam sejumlah mata kuliah di kampus. Mari menyimak materinya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Makro Ekonomi

Mata kuliah makro ekonomi membahas mengenai konsep dasar kajian makro ekonomi. Seperti pendapatan nasional, konsumsi, tabungan dan investasi. Kemudian memuat pula pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, perdagangan internasional dan lain-lain.

2. Mikro Ekonomi

Jika mata kuliah makro ekonomi ruang lingkupnya tergolong besar, mikro ekonomi ruang lingkupnya lebih kecil. Mata kuliah ini lebih fokus pada perilaku ekonomi individual. Bisa berupa perilaku konsumen, produsen hingga pasar.

3. Mata Kuliah Terkait Komunikasi Bisnis Internasional

Mata kuliah ini membahas mengenai proses pertukaran pesan atau informasi dalam bidang bisnis dan ekonomi yang aktivitasnya melewati batas negara. Tentu komunikasi ini berbeda dengan komunikasi di dalam negeri.

4. Mata Kuliah Administrasi Perusahaan Multinasional

Melalui mata kuliah administrasi perusahaan multinasional Anda akan mempelajari latar belakang munculnya perusahaan multinasional. Sampai mempelajari bagaimana proses kontrol yang dijalankan induk kepada anak perusahaannya.

5. Mata Kuliah Manajemen Keuangan Internasional

Dalam mata kuliah ini Anda akan mempelajari berbagai hal. Seperti dinamika sistem keuangan global, sistem moneter global, neraca pembayaran, nilai tukar, investasi asing langsung dan hubungannya dengan perdagangan internasional.

Selain berbagai mata kuliah di atas, masih ada mata kuliah lainnya yang akan dipelajari. Seperti administrasi ekspor impor dan kepabeanan, akuntansi keuangan, e-business, ekonomi investasi hingga akuntansi dan perpajakan internasional.

Masih ada lagi analisis ekonomi internasional, manajemen lintas budaya, manajemen transportasi dan logistik. Tidak lupa ada mata kuliah hubungan internasional, matematika bisnis, statistika bisnis dan lain sebagainya.

Contoh Bisnis Internasional

Memahami teori saja sepertinya kurang maksimal. Jadi, mari mempelajari juga terkait contohnya. Salah satu contoh paling mudah ialah bisnis akomodasi. Indonesia sendiri ialah negara kepulauan yang mempunyai kekayaan alam.

Sehingga menjadi daya tarik sebagai destinasi wisata. Hal tersebut juga menjadi peluang bisnis akomodasi. Terutama dari merek lokal yang lebih mudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Karena peluangnya besar, persaingan bisnisnya juga semakin ketat. Mulai banyak pihak yang menyediakan akomodasi, baik dari merek lokal maupun luar negeri. Informasinya juga dapat diakses melalui internet.

Apabila perusahaan akomodasi ingin semakin sukses, maka perlu merambah bisnis internasional. Sehingga mampu lebih bersaing dalam mendapatkan tamu untuk mengisi hunian hotel atau penginapan.

Apabila perusahaan hanya fokus pada lingkup domestik, maka hanya masyarakat Indonesia yang menjadi pelanggannya. Sementara jika menerapkan bisnis secara internasional, masyarakat luar negeri bisa menjadi pelanggan juga.

Jadi, perusahaan tidak hanya cukup bersaing dengan kompetitor lokal. Namun juga perlu bersaing dengan perusahaan akomodasi dari luar negeri. Sehingga mampu memperoleh tamu dari luar negeri.

Ketika suatu perusahaan mulai fokus dengan bisnis internasional, maka namanya bisa dikenal oleh masyarakat luar negeri. Kemudian dapat membangun cabang di luar negeri sehingga membuat masyarakat lebih mengenal layanan akomodasinya.

Masyarakat tidak akan serta merta memilih satu brand akomodasi. Mereka perlu mengenal kualitas layanannya. Jika layanannya memuaskan, tentu akan membuka peluang pertambahan pelanggan dengan besar.

Apabila dibandingkan dengan masyarakat Indonesia, daya beli masyarakat luar negeri tergolong lebih besar. Sehingga mampu mencetak profit atau keuntungan lebih tinggi. Tidak heran jika perusahaan tidak sekedar bermain di pasar lokal.

Apabila tertarik membidik pasar luar negeri, dampak baik untuk brand juga dapat diraih. Brand akan lebih dikenal oleh masyarakat global secara luas. BUkan sekedar menguasai pasar lokal namun juga pasar internasional.

Pada akhirnya keuntungan juga akan terus meningkat. Hal ini juga mampu membuka peluang untuk mendapatkan investasi dari pihak luar negeri. Biasanya nilai investasi dari luar negeri tergolong besar.

Hal yang Perlu diperhatikan dalam Membuat Makalah Bisnis Internasional

Ketika menulis makalah, ada beberapa hal wajib diperhatikan. Sehingga nantinya makalah yang dibuat akan mampu memberikan manfaat besar dalam dunia pendidikan. Termasuk membawa mahasiswa menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Makalah bisnis internasional sendiri terbagi atas beberapa unsur. Mulai dari cover, pendahuluan, daftar isi hingga penutup. Berikut ini beberapa hal wajib diperhatikan terkait penulisan karya ilmiah tersebut.

1. Cover

Cover ialah halaman paling depan dari suatu makalah. Penulisan cover ini wajib diperhatikan penulisan hingga formatnya. Mulai dari nama penulis, dosen pembimbing, hingga judul makalah.

2. Latar Belakang

Hal wajib diperhatikan berikutnya dalam makalah ialah latar belakang. Latar belakang memuat hal-hal yang menjadi landasan dalam pembahasan topik makalah. Pada latar belakang juga disematkan beragam teori maupun studi kasus yang mendukung.

3. Rumusan Masalah

Berikutnya ada rumusan masalah yang memuat pertanyaan lengkap dengan tanda tanya. Rumusan masalah ini akan menarik minat pembaca untuk mempelajari makalahnya sampai selesai.

4. Isi Makalah

Isi merupakan bagian paling inti dari suatu makalah yang menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Pada bagian isi ini harus memuat topik yang masih berhubungan dengan jurusan dan mata kuliah misalnya memuat teori bisnis internasional menurut para ahli.

Isi ini harus memuat teori relevan dengan sumber jelas atau terpercaya. Tidak disarankan mengambil sumber yang diragukan kebenarannya. Teorinya sendiri dapat diperoleh melalui buku hingga jurnal.

5. Kesimpulan

Terakhir ialah bagian kesimpulan. Kesimpulan harus ditulis dengan menjawab singkat rumusan masalah sesuai dengan pembahasan pada isi makalah. Kesimpulan ini juga harus mudah dipahami oleh pembaca.

Perusahaan tidak hanya berkembang di dalam negeri. Namun juga perlu memperluas jangkauan hingga ke pasar internasional. Apabila tertarik dengan dunia wirausaha ini, dapat menempuh pendidikan jurusan bisnis internasional. (www.alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan