Cara Memasukkan Lagu Ke Spotify
Tutorial Cara Memasukkan Lagu Ke Spotify

Cara Memasukkan Lagu Ke Spotify, Anda Wajib Tahu!

Kini, Anda bisa mempelajari bagaimana cara memasukkan lagu ke Spotify. Ya, Spotify merupakan salah satu platform digital yang menyediakan live streaming musik dan podcast di Indonesia. Sehingga, aplikasi ini cukup ramai digunakan oleh pengguna.

Baca Juga : Cara Membuat Podcast di Spotify

Salah satu fitur yang tersedia di Spotify adalah memasukkan lagu ke aplikasi. Alhasil, karya lagu yang Anda ciptakan dapat pengguna aplikasi Spotify dengarkan dan nikmati. Hanya saja, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengunggah lagu ke aplikasi Spotify.

Tidak perlu khawatir, karya lagu yang Anda unggah ke aplikasi Spotify akan terlindungi hak ciptanya. Sehingga, tidak ada pengguna lain yang dapat mengunduh lagu karya milik pribadi. Oleh karena itu, ketahui cara mudah memasukkan lagu karya sendiri ke aplikasi Spotify.

Baca Juga : Spotify MOD APK

Panduan Lengkap Cara Memasukkan Lagu ke Spotify

Spotify merupakan salah satu aplikasi yang menjadi “wadah” bagi para musisi lokal. Ya, aplikasi Spotify menyediakan ruang untuk musisi lokal guna mengunggah lagu karya sendiri secara gratis. Sehingga, pendengar dapat mendengarkan lagu karya pribadi melalui aplikasi Spotify.

Simak Juga : Cara Melihat Lirik di Spotify

Pasalnya, downloader aplikasi Spotify ini lebih dari 1 juta pengguna. Sehingga, karya lagu yang Anda upload ke Spotify bisa didengarkan oleh banyak pengguna. Oleh karena itu, Anda wajib tahu bagaimana cara upload lagu ke spotify gratis. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Melakukan Rekaman Lagu

Langkah pertama, silahkan rekam lagu karya pribadi dahulu. Anda bisa melakukan rekaman ke studio musik. Pastikan karya lagu yang Anda hasilkan memiliki format audio MP3.

2. Mendownload Aplikasi Distribusi Musik

Langkah kedua, silahkan download aplikasi distribusi musik. Salah satu aplikasi distribusi musik yang bisa Anda gunakan adalah Tune Core, CD Baby, Route Note, AWAL, LANDR, Distro Kid.

Rata-rata, aplikasi distribusi musik ini menggratiskan pengguna untuk mengupload lagu ke Spotify. Hanya saja, pihak pengelola distribusi musik akan memotong royalti yang Anda dapatkan dari aplikasi Spotify.

Baca Juga : Cara Ganti Username Spotify

3. Mengunggah Lagu ke Aplikasi Distribusi Musik

Langkah ketiga, silahkan unggah lagu ke aplikasi distribusi musik. Pastikan kembali bahwa format audio musik adalah MP3 dengan kualitas 320 Kbps. Dan kemudian, silahkan berikan metadata kepada aplikasi distribusi musik.

4. Menulis Metadata untuk Hak Cipta Lagu

Langkah keempat, silahkan tulis metadata untuk hak cipta lagu. Tulis nama musisi, judul lagi, genre musik, hingga informasi detail tentang lagu. Setelah itu, tekan “create release” untuk memberikan informasi hak cipta lagu.

5. Menyediakan Gambar Thumbnail untuk Lagu

Langkah terakhir, masukkan gambar thumbnail untuk lagu agar pendengar semakin tertarik. Semakin banyak lagu Anda mendapatkan putaran, maka Anda bisa mendapatkan banyak royalti dari penyedia aplikasi Spotify.

Spotify menjadi salah satu aplikasi yang memperbolehkan pengguna untuk mengupload lagu karya sendiri. Sehingga, Anda bisa mendapat royalti karena lagu karya sendiri sering diputar oleh pengguna. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara memasukkan lagu ke aplikasi Spotify dengan mudah. (PC)

Simak Juga : Apakah Spotify Boros Kuota ?

Tinggalkan Balasan