Cara Screenshot di Laptop Windows 10
Tutorial Cara Screenshot di Laptop Windows 10

4 Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Mempunyai laptop windows 10 tapi bingung cara screenshot yang mudah? Tenang saja ada berbagai Cara Screenshot di Laptop Windows 10. Anda bisa menangkap gambar/rekam video di layar PC/laptop, biasanya screenshot di laptop windows bahkan Mac OS punya fungsi yang berbeda. Agar Anda semakin paham, inilah penjelasannya?

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 Mudah Banget

Screenshot di Laptop utamanya pada windows 10 ada berbagai cara. Alhasil cara ini diharapkan bisa memudahkan Anda, yakni :

1. Tekanlah Tombol PrtSc

Cara screenshot di laptop pada beberapa laptop Windows 10 dapat dilakukan hanya cukup menekan tombol PrtSc di keyboard. Kemudian hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan di clipboard. Anda dapat langsung paste hasil tersebut secara langsung pada aplikasi dokumen misalnya word. Anda hanya perlu tekan saja dengan shortcut CTRL + V.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Asus

2. pakai Alt + PrtSc

Jika tidak ada tombol tersebut di beberapa laptop, maka cara selanjutnya bisa Anda lakukan tangkapan layar di laptop pakai shortcut Alt + PrtSc. Shortcut ini berfungsi untuk screenshot pada layar yang sedang aktif saja.
Contohnya Anda sedang buka YouTube memakai tampilan minimize, maka hasil screenshot hanya dalam bentuk jendela YouTube tersebut. Maka, hasil tangkapan gambar biasanya akan disimpan langsung pada clipboard dan Anda dapat menempelkannya alias paste ke aplikasi Paint kalau Anda mau mengedit hasil gambar screenshot tersebut.

Simak Juga : Cara Screenshot di Laptop Acer

3. Pakai Windows Key + Shift + S

Anda bisa menggunakan cara screenshot pada laptop Windows 10 pakai shortcut Windows +Shift +S. Shortcut ini bisa membawa Anda menuju aplikasi bawaan Windows yang disebut Snip & Sketch. Anda bisa menekan tombol shortcut, umumnya layar laptop akan meredup dan petunjuk mousenya akan berubah.

Anda dapat pilih sendiri bagian layar mana yang mau di screenshot. Selanjutnya Anda bisa mulai mengedit tangkapan layar menggunakan aplikasi Snip & Sketch serta Anda bisa save cukup dengan klik klik ikon save di bagian atas aplikasi.

4. Pilihlah Windows Key + PrtSc

Anda bisa kombinasikan shortcut Windows + PrtSc yang berfungsi dalam melakukan tangkapan layar penuh. Anda dapat memakai kombinasi dengan tombol lain misalnya Fn + Windows + PrtSc. Biasanya hasil tangkapan layar ini langsung disimpan sebagai foto di folder Picture menggunakan sub folder Screenshots.

Jika Anda merasa menggunakan cara di atas terlalu ribet dan Anda ingin screenshot menggunakan aplikasi. Tenang saja, ada berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk tangkapan layar di Laptop windows 10 menggunakan aplikasi. Jawabannya, adalah menggunakan aplikasi.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Lenovo

Cara Screenshot Memakai Aplikasi

Inilah beberapa aplikasi yang menyediakan fitur screenshots di laptop windows 10. Anda harus download dan instal terlebih dulu. Proses Screenshot mudah dan pastinya aplikasi pihak ketiga ini bisa digunakan gratis, yakni :

  1. PhotoScape,
  2. ShareX,
  3. GreenShot, dll.

Itulah informasi tentang Cara Screenshot di Laptop Windows 10, semoga membantu. (PC)

Simak Juga : Cara Screeshot di Laptop HP

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan